Daniel L. Pink (The Whole New Mind, 2005), mengungkapkan bahwa di era kreativitas, bila ingin maju kita harus melengkapi kemampuan teknologi kita (high‐tech) dengan hasrat untuk mencapai tingkat ʺhigh conceptʺ dan ʺhigh touchʺ. High concept adalah kemampuan menciptakan keindahan artistik dan emosional, mengenali pola‐pola dan peluang, menciptakan narasi yang indah dan menghasilkan temuan‐temuan yang belum disadari orang lain. High touch adalah kemampuan berempati, memahami esensi interaksi manusia, dan menemukan makna.
Beberapa prinsip yang harus dimiliki dalam pola pikir kreatif:
- Not just function but also... DESIGN
- Not just argument, but also… STORY
- Not just focus, but also…SYMPHONY
- Not just logic, but also…EMPATHY
- Not just seriousness, but also…PLAY
- Not just accumulation, but also…MEANING
- Pola pikir disipliner (The Disciplinary Mind), yaitu pola pikir yang dipelajari di bangku sekolah. Dahulu yang dianggap sebagai disiplin ilmu adalah ilmu‐ilmu seperti sains, matematika, dan sejarah. Saat ini, sekolah‐sekolah harus menambahkan untuk mengajarkan paling tidak satu bidang seni secara serius seperti halnya disiplin ilmu lainnya.
- Pola pikir mensintesa (The Synthesizing Mind), yaitu kemampuan menggabungkan ide‐ide dari berbagai disiplin ilmu atau menyatukannya ke dalam satu kesatuan dan kemampuan menyampaikan hasil integrasi itu kepada orang banyak. Sering kali kita temui bahwa sebuah solusi yang kita cari‐cari ternyata justru ditemukan di area disiplin lain yang sama sekali berbeda dan sepintas tidak terlihat ada korelasinya. Pola pikir sintesa melatih kesadaran untuk berpikir luas dan fleksibel, mau menerima sudut pandang dari multi disiplin. Dalam konteks luas, dengan semakin banyaknya orang seperti ini di dalam suatu komunitas, maka komunitas itu akan menjadi semakin produktif dan semakin kreatif. Dalam konteks bisnis, ide‐ide baru tersebut akan lebih mudah diterima oleh konsumen. Dalam hal memperkenalkan produk atau jasa baru, strategi komunikasi dan pencitraan (branding) yang diperkuat dengan kemampuan sintesa akan meningkatkan kesuksesan di pasar.
- Pola pikir kreasi (The Creating Mind), yaitu kemampuan untuk mengungkapkan dan menemukan jawaban dari suatu permasalahan atau fenomena yang ditemuinya. Dalam konteks desain, proses kreasi selalu diawali dengan pengumpulan permasalahan‐permasalahan yang ada yang harus dipecahkan. Di akhir proses, akan dihasilkan desain‐desain baru yang tidak lain adalah hasil pemecahan suatu masalah. Tentu saja agar hasil maksimal, proses kreasi harus dibekali dengan bakat (talent) yang cukup. Dalam konteks bisnis, kemampuan ini bisa menggerakkan perusahaan‐perusahaan untuk lebih pro‐aktif, tidak hanya mengikuti trend, tetapi justru menciptakan trend.
- Pola pikir penghargaan (The Respectful Mind), yaitu kesadaran untuk mengapresiasi perbedaan di antara kelompok‐kelompok manusia. Pola pikir seperti ini sangat dibutuhkan dalam menciptakan keharmonisan di dalam lingkungan. Richard Florida (2001) mengatakan bahwa faktor penting agar kreativitas dapat tumbuh dan berkembang adalah dengan adanya tingkat toleransi (tolerance) yang tinggi di antara sesama anggota komunitas yaitu komunitas yang menghargai perbedaan. Tidak kalah pentingnya adalah sikap untuk menghargai karya cipta orang lain.
- Pola pikir etis (The Ethical Mind). Seorang warga negara yang baik akan memiliki tanggung jawab moral yang tinggi baik sebagai seorang pekerja maupun sebagai warganegara. Dalam konteks perubahan iklim dunia, penanaman nilai‐nilai etika terhadap lingkungan dapat mendorong terciptanya produk yang ramah lingkungan. Dalam konteks pekerjaan, ia akan menjadi seorang yang produktif dalam menghasilkan terobosan‐terobosan dan ia merasa malu bila ia meniru produk lain secara terang‐terangan.
Pola pikir yang telah dijabarkan di atas tentunya merupakan pola pikir kreatif yang sangat diperlukan untuk tetap tumbuh berkembang serta bertahan di masa yang akan datang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa untuk menjadi pekerja kreatif tidaklah cukup memiliki bakat pandai menggambar, menari, menyanyi dan menulis cerita. Ia harus memiliki kemampuan mengorganisasikan ide‐ide multi disipliner dan juga kemampuan memecahkan masalah dengan cara‐cara di luar kebiasaan. Mengapa cara‐cara di luar kebiasaan perlu? Bila suatu teori atau cara menjadi populer, semakin lama keampuhan teori itu akan semakin berkurang karena semua orang menggunakan pendekatan‐pendekatan berdasarkan teori yang sama.
Thomas L. Friedman, (The World is Flat, 2005) dalam pembahasan The New Middlers (maksudnya adalah orang‐orang generasi baru yang mampu membuat dunia menjadi sangat dekat/flat) menyebut tujuh kemampuan wajib yang harus disiapkan oleh orang‐orang yang ingin berlaga di arena pekerjaan apapun pekerjaan itu:
- Kemampuan dalam berkolaborasi dan mengorkestrasi (Great Collaborators and orchestrators)
- Kemampuan dalam mensintesakan segala sesuatu (The great synthesizers)
- Kemampuan dalam menjabarkan suatu konteks (The great explainers)
- Kemampuan dalam menciptakan nilai tambah (The great leveragers)
- Kemampuan dalam mengadaptasi terhadap lingkungan baru (The great adapters)
- Kesadaran yang tinggi terhadap kelestarian alam (The green people)
- Kemampuan handal dalam menciptakan kandungan lokal (The great localizers)
Yang dapat dipelajari dari ketiga cendekiawan ini adalah kecenderungan manusia untuk mulai memikirkan nilai‐nilai halus (soft value) atas segala sesuatu yang akan dilakukan, baik itu kegiatan ekonomi, bisnis, pendidikan maupun sosial di masa depan. Kesemuanya ini tidak akan mungkin terjadi apabila manusia tidak mulai mengaktifkan daya imajinasi dan kreativitasnya. Sehingga dalam era perekonomian kreatif ini, kreativitas diperlukan secara mutlak sebagai landasan dasar pengembangan industri kreatif.
(STUDI INDUSTRI KREATIF INDONESIA 2008 © Departemen Perdagangan RI)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar